KEGIATAN UMUM

Pabbajja Samanera dan Silacarini Sekolah Dharma Widya Tahun 2019 Angkatan XII

Pabbajja Samanera dan Silacarini merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun oleh Sekolah Dharma Widya. Kegiatan ini merupakan wadah untuk para siswa melaksanakan pelatihan kehidupan sebagai Samanera atau calon Bhikkhu (untuk peserta laki-laki) dan pelatihan melaksanakan atthasila atau delapan sila (untuk peserta perempuan).

Pada tahun 2019, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 22 Desember 2019 sampai dengan tanggal 02 Januari 2020 yang bertempat di Sekolah Dharma Widya-Tangerang dan Pusat Meditasi Vipassana Graha, Lembang-Bandung. Diikuti oleh 31 peserta laki-laki dan 45 peserta perempuan yang berasal dari berbagai sekolah di Tangerang dan sekitarnya.

Program kegiatan ini dilaksanakan pada saat libur sekolah agar para siswa dapat mengisi waktu liburnya dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat yaitu menjalankan praktik Dhamma. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dilaksanakan:

  1. Sungkeman

Bertepatan dengan hari Ibu dan makan Onde pada tanggal 22 Desember 2019 peserta Pabbajja melaksanakan kegiatan sungkeman kepada orang tua mereka. Diawali dengan permohonan doa yang kemudian dilanjutkan dengan membasuh kaki orang tua mereka, isak tangis dari peserta dan orang tua pun pecah. Setelah itu, para peserta menyuapkan onde kepada orang tua mereka masing-masing.

 

  1. Pemotongan Rambut

Setelah selesai rangkaian acara sungkeman, acara selanjutnya yaitu pemotongan rambut yang dipimpin langsung oleh Y.M. Bhikkhu Sangha. Pemotongan rambut dikhususkan untuk peserta calon Samanera, tetapi pada kegiatan ini terdapat satu peserta calon Silacarini yang juga dipotong rambutnya, yaitu Chatrin Valentia.

 

  1. Upasampada (Penahbisan)

Penahbisan atau Upasampada dipimpin oleh Y.M. Bhikkhu Wongsin Labhiko Mahathera. Beliau menyampaikan beberapa pesan penting kepada para peserta melalui ceramahnya.

 

  1. Pindapatta

Pada tanggal 23 Desember 2019, Pindapatta dilaksanakan di lingkungan sekitar Sekolah Dharma Widya pada pagi hari sebelum nantinya pada siang hari peserta dan panitia akan berangkat ke Pusat Meditasi Vipassana Graha, Lembang-Bandung.

Kegiatan pindapatta juga dilakukan beberapa kali selama peserta melaksanakan kegiatannya di Pusat Meditasi Vipassana Graha, Lembang-Bandung.

 

  1. Meditasi Jalan

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari yaitu meditasi jalan. Meditasi jalan dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari dengan berbagai variasi yang berbeda.

 

  1. Materi

Setiap harinya, peserta juga diberikan materi oleh berbagai narasumber. Baik itu Bhikkhu Sangha, Romo/Ramani, dan juga Public Speaker terkenal dari berbagai daerah.

 

Kegiatan lengkapnya dapat dilihat melalui video dalam link berikut: https://youtu.be/q52pCNHvH7c

Kembali ke Atas