KURIKULUM KB & TK DHARMA WIDYA


Program Pengembangan

Kompetensi yang dicapai

Materi Pembelajaran

Nilai Agama Dan Moral

1.1 Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaanya

·   Mengetahui sifat tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan-ciptaan tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan tuhan

1.2 Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada tuhan

·   Terniasa merawat diri, tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua, menjaga dan merawat tanaman, binatang peliharaan

2.13Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur

·   Terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, menghargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh an tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya

1.1  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari

4.1 Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa

·   Doa-doa(doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua). Mengenal hari-hari besar agama, tempat ibadah, dan lainnya sesuai dengan agama yang dianut keluarga/orang tua, kecuali bila ada kesediaan orang tua menggabungkan anaknya dengan kelompok lain

1.2  Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia

4.2 Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak mulia

·   Perilaku baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat : tata cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan, cara menampaikan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara memberi salam, ara berpakaian, dll

Fisik Motorik

2.1 Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat

·   Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang, mencuci tangan, menggosok gigi, mandi, berpakaian bersih, membuang sampah, menyayangi tanaman, melindungi diri dari percobaan kekerasan, menjaga keamanan diri dari tempat dan benda berbahaya

a.     Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus

4.5  Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motorik kasar dan halus

·   Nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan untuk menjadi anggota tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh.

·   Kegiatan untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari, merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang, berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: senam dan tarian,dll)

·   Keterampilan motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tagan melalui kegiatan antara lain: menjahit, mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan,dll

 

b. Mengetahui cara hidup sehat

4.4 Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat

·   Cara merawat kebersihan diri (misal: mencuci tangan, merawat gigi, mulut, telinga, hidung, olahraga, mandi 2xsehari. Memakai baju bersih), memilih makanan dan minuman yang sehat, cara menghindarkan diri dari bahaya (melindungi anggota tubuh yang terlarang : mulut, dada, alat kelamin, pantat waspada terhadap orang asing/tidak dikenal)

Kognitif

2.2 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu

·   Kebiasaan anak yang selalu tertarik pada sesuatu yang baru atau yang belum dia lihat, aktif bertanya, berusaha mencoba atau melakukan sesuatu untuk mendapat jawaban

2.3 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreaktif

·   Kebiasaan anak yang memiliki daya cipta, banyak gagasan, selalu aktif untuk melakukan sesuatu, tertarik pada sesuatu masalah untuk diatasi, berani menghadapi tantangan, senang melakukan hal-hal baru, tidak puas bila selalu mengulang hal yang sama, menggunakan benda atau bahan belajar untuk membuat sesuatu, selalu optimis, senang menceritakan impian-impiannya walaupun terkadang nampak berlebihan

a.     Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreaktif

4.5 Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreaktif

·   Menetapkan apa yang ingin dituju, mengenali masalah, mengetahui penyebab masalah, mengembangkan gagasan dalam mengatasi masalah, mencoba dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah.

b.     Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya)

4.6 Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya

·   Warna, bentuk dua dimensi (£, r, dan segi panjang)

·   Bentuk tiga dimensi(kubus, bulat, limas, tabung)

·   Ukuran (panjang-pendek, besar-kecil, berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),

·   Tekstur (kasar-halus, keras-lunak)

·   suara (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah),

·   pengelompokkan (berdasarkan warna, bentuk, ukuran, fungsi, warna-bentuk,warna-ukuran, ukuran-bentuk,warna-ukuran-bentuk),

·   seriasi (kecil-sedang-besar, sangat kecil-lebih kecil-kecil-besar-lebih besar-paling besar),

·   pola (AB-AB, ABC-ABC, AAB-AAB),

·   Hubungan satu ke satu, satu ke banyak, kelompok ke kelompok

c.     Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, Transportasi)

4.7 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh

·   Keluarga (hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst).

·   Teman (nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),

·   Lingkungan geografis (pedesaan/pantai/kota/pegunungan),

·    kegiatan orang-orang (di pagi/sore hari, dst), pekerjaan (petani, buruh, guru,dll),

·   Budaya (perayaan terkait adat, pakaian, tarian, makanan,dst),

·   tempat-tempat umum (sekolah, pasar, kantor pos, kantor polisi, tetrminal, dst),

·   berbagai jenis transportasi (transportasi darat, air, udara, transportasi dahulu dan sekarang).

 

d.     Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)

4.8 Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,dll) dalam bentuk gabar, cerita, bernyanyi dan gerak tubuh

·   Hewan, misalnya jenis (nama, ciri-ciri,bentuk),

·   berdasarkan lingkungan hidup (darat,air,udara),

·    makanan (herbivora, omnivora,carnivora)

·   kelompok hidup (hewan ternak/ peliharaan/buas),

·   tanaman dikenalkan engan jenis (tanaman darat/air,perdu/batang,buah/hias/kayu, semusim/tahunan,

·   bermacam-macam bentuk dan warna daun dan bermacam-macam akar),

·   berkembangbiak (biji/stek/cangkok/beranak / membelah diri/daun),

·   cara merawat tanaman,dst, gejala alam (angin,hujan,cuaca,siang-malam,mendung,siklus air,dst), tanah, batu, dst.

e.     Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,dll)

4.9 Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan,dll)

·   Nama benda,

·   bagian-bagian benda,

·   fungsi,

·   cara menggunakan secara tepat, dan cara merawat. Alat dan benda yang dimaksud dapat berupa peralatan sekolah, perabot rumah tangga, perkakas kerja, peralatan elektronik, barang-barang bekas pakai.

Sosial Emosional

2.5   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pecaya diri

·   Kebiasaan menyapa guru saat penyambutan,

·   berani tampil di depan teman, guru, orang tua dan lingkungan sosial lainnya,

·   berani mengemukakan pendapat, menyampaikan keinginan, berkomunikasi dengan orang yang belum dikenal sebelumnya dengan pengawasan guru,

·   Bangga menunjukkan hasil karya,

·   senang ikut serta dalam kegiatan bersama,

·   tidak berpengaruh pada penilaian orang tentang dirinya

 

2.6 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan

·   Terbiasa mengikuti aturan,

·   tidak marah ketika diingatkan aturan oleh temannya,

·   mengingatkan temannya bila bertindak tidak sesuai atuaran

 

2.7    Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan

·   Kesediaan diri untuk menahan diri,

·   bersikap tenang, tidak lekas marah dan dapat menunda keinginan,

·   sikap mau menunggu giliran, mau mendengarkan ketika orang lain berbicara,

·   tidak menangis saat berpisah dengan ibunya,

·   tidak mudah mengeluh, tidak tergesa-gesa,

·   selalu menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,

·   berusaha tidak menyakiti atau membalas dengan kekerasan

 

 

2.8 Memiliki perilaku yang mencerminkan Kemandirian

·   Kebiasaan tidak bergantung pada orang lain,

·   terbiasa mengambil keputusan secara mandiri,

·   merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan sesuatu tanpa harus dibantu atau degan bantuan seperlunya

 

2.9   Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya

·   Kebiasaan mau mengindahkan dan memperhatikan kondisi teman,

·   mau menemani teman melakukan kegiatan bersama,

·   senang menawakan bantuan pada teman atau guru,

·   peka untuk membantu orang lain yang membutuhkan,

·   mampu menenangkan diri dan temannya dalam berbagai situasi,

·   senang mengajak temanya untuk berkomunikasi, bereaksi positif kepada semua temannya

 

2.10 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama

·   Perilaku anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,

·   menghargai karya teman,

·   tidak mentertawakan saat teman berbicara,

·   tidak ingin menang sendiri,

·   menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat teman,

·   senang berteman semuanya, mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diterima,

·   mengucapkan kata maaf bila salah, memberi tahu temanya dengan santun bila melakukan kesalahan.

 

2.11 Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri

·   Perilaku anak yang dapat mengikuti kegiatan transisi,

·   tetap tenang saat berada di tempat baru dengan situasi baru misalnya saat bertamu, berada di usat pembelanjaan, atau saat bertemu dengan guru barru,

·   menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam

 

2.12 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung jawab

·   Perilaku anak yang menunjukkan kesediaan diri untuk menerima konsekuensi atau menanggung akibat atas tindakan yang dibuat baik secara sengaja maupun tidak sengaja,

·   mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf,

·   merapikan/ membereskan mainan pada tempat semula,

·   mengerjakan sesuatu hingga tuntas,

·   mengikuti aturan yang telah ditetapkan walupun sekali-kali masih harus diingatkan, senang menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimin harus membantu menyiapkan alat makan,dst).

 

3.13  Mengenal emosi diri dan orang lain.

4.13Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar

·   Memahami penyebab sedih, marah, gembira, kecewa atau mengerti jika ia menggangu temannya akan marah, jika ia membantu temannya akan senang, jika bermain dapat mengendalikan emosi dan saling berbagi

 

3.14 Mengenali kebuutuhan, keinginan, dan minat diri

4.14 Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat

·   Mengungkapkan apa yang dirasakannya (laparingin makan, kedinginan memerlukan baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu obat),

·   memilih kegiatan main yang ditawarkan,

·   Mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan gagasan yang dimilikinya,

·   membuat karya sesuai dengan gagasannya, dst

Bahasa

2.14 Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman

·   Perilaku tidak angkuh, ramah menyapa siapapun,

·   Bermuka ringan saat berbicara dengan siapapun, tidak suka melebih-lebihkan diri sendiri,

·   Lembut hati, halus, dan baik budi bahasanya,

·   Sederhana, tenang, tidak pamer, memiliki sikap terbuka, tidak ingin menang sendiri, sopan dan hormat pada siapapun,

·   Berbicara secara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya.

 

3.10 memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)

4.10 Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)

·   Menjawab dengan tepat ketika ditanya,

·   merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,

·   melakukan sesuai yang diminta,

·   menceritakan kembali apa yang sudah didengarnya

 

3.11    memahami bahsa ekspresif (mengungkapkan bahsa secara verbal dan non verbal)

4.11 Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara vebal dan non verbal)

 

·   Mengungkapkan keinginannya, menceritakan kembali,

·   bercerita tentang apa yang sudah dilakukannya,

·   mengungkapkan perasaan emosinya dengan melalui bahasa secara tepat.

 

3.12 Mengenal keaksaraan awal bermaian

4.12Menunjukkan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya

·   Warna, bentuk,

·   membaca gambar, membaca simbol,

·   menjiplak huruf,

·   mengenali huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf  namanya,

·   Menuliskan pikirannya walaupun hurufnya masih terbalik atau tidak lengkap,

·   mengucapkan kata yang sering diulang-ulang tulisannya pada buku cerita,

·   mengeja huruf,membaca sendiri.

Seni

2.4  Memiliki perilaku yang menceminkan sikap estetis

·   Menghargai keindahan diri sendiri, karya sendiri atau orang lain, alam dan lingkungan sekitar,

·   Menjaga kerapian diri,

·   Menghargai hasil karya baik dalam bentuk gambar, lukisan, pahat, gerak atau bentuk seni lainnya,

·   Merawat kerapian-Kebersihan-dan keutuhan benda mainan atau memiliki pribadinya.

 

3.15 Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni

4.15 Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media

·   Mengenal berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan llukis, seni suara, seni musik, karya tangan dan lainnya

Kembali ke Atas